10 Cara Menulis Artikel Blog yang Baik dan Benar

Cara Menulis Artikel Blog yang Baik dan Benar - Memiliki sebuah blog atau website sebaiknya harus diisi dengan konten yang menarik supaya bisa mendapatkan banyak pengunjung. Apabila blog yang Anda miliki ingin berada di halaman pertama mesin pencari google, tentu saja harus memakai konten yang  berkualitas.

10 Cara Menulis Artikel Blog yang Baik dan Benar


Artikel merupakan salah satu isian atau konten blog yang biasanya ada dan menjadi perhatian utama. Di dalamnya berisi semua informasi mengenai blog tersebut dan hal lainnya berkaitan dengan informasi. Lalu bagaimanakah cara menulis artikel blog yang baik dan benar itu?

Cara Menulis Artikel Blog yang Baik dan Harus Diperhatikan


Jika ingin blog banyak dikunjungi oleh pengunjung maka hal pertama yang mudah dilakukan adalah mengisinya dengan konten menarik. Tak hanya menarik saja tetapi juga harus berkualitas. Artikel terbaik merupakan bagian yang tak boleh ketinggalan di dalam sebuah blog.

Kehadiran artikel terbaik dan bermanfaat bagi pengunjung bisa dibilang sebagai nafas blog atau website itu sendiri. Berikut ini ada beberapa cara menulis artikel blog yang baik dan bisa Anda jadikan inspirasi dalam menulis nanti.

1#   Menggunakan Bahasa Yang Mudah di Pahami Oleh Pembaca

Cara yang pertama ini merupakan cara yang wajib Anda lakukan demi blog mendapatkan feedback bagus. Menggunakan bahasa yang mudah dipahami itu sangat penting, utamanya jika artikel menggunakan bahasa Inggris.

Bila memakai bahasa Inggris maka grammar harus tepat dan tidak belepotan. Kemudian carilah vocab yang populer karena bukan hanya Anda saja yang akan membaca tetapi orang dari luar negeri juga ikut membacanya. Apabila itu artikel berbahasa Indonesia maka letakkan EYD yang tepat.

Kenali juga pembaca anda, apabila anda mengambil niche blog tentang remaja, viral , game, dan romansa, maka gaya bahasa juga lebih santai. Tapi, apabila niche yang anda pilih tentang umum seperti bisnis, hobi, kuliner maka gunakan bahasa Indonesia yang baik.

2#    Memakai Gaya Bahasa Anti Mainstream

Cara menulis artikel blog yang baik mungkin juga bisa dengan memakai gaya bahasa yang unik. Gaya bahasa yang unik tetapi masih menggunakan grammar atau EYD yang benar bisa membuat artikel lebih menarik untuk dibaca.

Gaya bahasa yang unik tersebut misalnya dengan gaya puitis atau ada sedikit humornya. Artikel yang seperti ini akan jauh lebih fresh dan tidak monoton, namun Anda juga harus bisa menyesuaikan dengan tema blog itu sendiri.

Intinya adalah, tidak mengikuti gaya bahasa blog atau website lain. Agar blog anda memiliki identitas sendiri. Jangan terpaku dengan blog-blog yang sudah sukses. Namun fokus bagaimana anda membuat gaya bahasa itu sendiri.

Contohnya mungkin bisa anda lihat bahasa dari blog kompetitor anda, analisa dengan pendapat anda sendiri. Apakah bahasa yang digunakan menarik untuk di baca ?, atau terlalu kaku gaya bahasanya ?. atau malah membuat pembaca menjadi bingung?.

3# Artikel Yang di Buat Mudah di Ingat dan di Praktikan Sehari-Hari

Informasi internet, hanya terdapat 2 jenis saja. Yaitu informasi tentang apa saja, dan tutorial apa saja. Untuk itu dalam membuat artikel konten terbaik. Selayaknya anda membuat sesuatu yang mudah di ingat pembaca serta mudah untuk dilakukan sehari-hari.

Salah satu cara agar artikel anda mudah di Ingat adalah, membuat istilah baru yang hanya anda yang menciptakan istilah tersebut. Seperti hal nya artis cantik syahrini, dimana membuat istilah-istilah dia sendiri yang membuat terkenal.

Kemudian, buatlah artikel yang menurut anda mudah untuk dikerjakan. Minimal anda dapat mengerjakan hal tersebut. Sehingga, dalam pembuatan artikel anda tidak kesulitan dalam menuliskan kata-kata di blog anda.

4# Buat Artikel Dengan Judul Yang Viral

Membuat sebuah artikel tanpa memiliki sebuah judul yang akan viral tidak akan membuat blog anda kebanjiran trafic. Karena judul, merupakan ujung tombak artikel anda. Apakah nantinya akan populer atau tidak semua tergantung judul.

Karena, hal yang pertama kali dilihat oleh pembaca adalah judul dari artikel anda. Sehingga dalam pembuatan judul jangan sampai lepas dari hal berikut :

  • Terdapat Keyword Yang di Target
  • Terdapat Kalimat Menggugah Emosi
  • Singkat Namun Langsung ke Inti Permasalahan
  • Terdapat Angka Membuat Lebih Menarik
  • Tulisan Judul Tidak di Singkat 
Contoh judul yang baik :
  •  3 Cara Membuat Bisnis Anda Meledak Sampai Profit Jutaan Rupiah
  • 10 Cara Mengatasi Jerawat Pasir Hingga Tuntas
  • Pahami 3 Hal Ini Agar Bisa Jadi CPNS
  • 5 Tutorial Paling Mudah Agar Bisa Membuat Ilustrasi Wajah
  • Review Singkat 5 Ponsel Terbaru Samsung Tercanggih dan Paling Murah
Mengapa kami banyak menempatkan angka pada judul, hal ini disebabkan agar membuat menarik tulisan yang nantinya dibuat. Selain itu, dengan menempatkan angka, artinya pembaca akan melihat juga artikel mana yang lebih lengkap.

Contohnya adalah, ada artikel tentang "5 cara agar dapat kaya" , kemudian ada artikel lagi "10 cara agar dapat kaya" maka secara logika, pasti anda memilih judul cara yang paling lengkap yaitu " 10 cara agar dapat kaya".

5# Membuat Artikel Panjang dan Berbobot

Mungkin membuat artikel panjang dan berbobot merupakan cara yang paling sulit untuk dilakukan. Karena memang kenyataanya adalah, dalam membuat artikel panjang dan berbobot membutuhkan waktu yang lama, Bisa berhari-hari bahkan berminggu-minggu.

Hal ini disebabkan karena membuat sebuah artikel blog yang panjang dan berbobot diperlukannya banyak informasi serta data yang akurat. Dimana anda, wajib untuk mencari segala sesuatunya sumber daya artikel anda yang nantinya akan anda terbitkan di blog.

Agar dapat membuat artikel yang panjang dan berbobot yang harus anda lakukan adalah.
  • Mengumpulkan Data Informasi Dari Blog Lain Yang Sudah Terpercaya
  • Mencari Informasi Dari Youtube
  • Mencari Informasi Dari Social Media
  • Membaca Berbagai Buku Refrensi
  • Wawancara Langsung Dengan Orang Yang Berkaitan Dengan Artikel Yang Anda Buat
  • Lakukan Survey Mandiri

Jujur saja, untuk era sekarang dalam mengumpulkan sebuah data informasi untuk bahan sebuah artikel sangat mudah dicari. Karena banyak sekali media informasi yang ada sekarang. Apabila anda ingin membuat artikel tutorial, maka cara terbaik adalah mengumpulkan data dengan cara wawancara dengan orang yang memang ahli di bidang tersebut.

6# Jangan Terpaku Memasukan Keyword Berlebihan Pada Artikel

Ketika membuat artikel, terkadang terlintas di pikiran dimana ingin menempatkan keyword turunan yang akan memancing organic trafic. Sehingga anda banyak menempatkan kalimat-kalimat yang mengandung keyword turunan pada badan artikel.

Hal ini wajar saja dilakukan asal tidak berlebihan, tapi alangkah lebih baiknya dalam pembuatan artikel sewajarnya membuat sebuah cerita yang mengalir. Agar pembaca tidak jenuh dengan tulisan yang anda buat.

Tidak perlu khawatir dan memikirkan penempatan keyword turunan, fokuslah pada tulisan anda saja. Karena, untuk penilaian mesin pencari google bukan lagi penempatan keyword turunan pada artikel melainkan sebaik apa anda memberikan konten kepada pembaca.

7# Atur Tulisan Paragraf dan Font Yang Nyaman di Baca

Salah satu kendala dalam membuat artikel panjang adalah, tidak dibaca secara mendalam oleh pembaca. Sehingga membuat tingkat bonce rate naik. Walaupun bagus di mata google, namun tidak bagus di mata pembaca.

Hal ini disebabkan, hampir 70% orang Indonesia tidak minat membaca melainkan lebih suka menonton video. Untuk itu, penting sekali agar anda menggunakan font serta ukuran yang nyaman agar pembaca mudah membaca artikel anda.

Atur kembali penempatan paragraf artikel anda, jangan sampai artikel anda tidak ada batasan. Seperti menggunakan tanda koma atau titik. Serta isi paragraf yang terlalu panjang, membuat pembaca jenuh dalam membaca artikel anda.

8# Gunakan Gambar Pada Artikel Agar Artikel Sempurna

Menggunakan Gambar pada artikel sudah merupakan keharusan, ini disebabkan gambar yang anda sisipkan akan menarik di mata pembaca. Selain itu dengan adanya gambar, maka akan bisa meningkatkan organic trafic dari mesin pencari google pada gambar.


Gunakan gambar yang bebas lisensi agar tidak mendapatkan klaim dari pemilik gambar, apabila ingin mengambil gambar dari website tertentu. Hubungi langsung pemilik gambar tersebut untuk minta izin diambil.

Jangan langsung mengambil gambar milik orang lain, berusaha agar anda lebih menghargai karya orang lain. Kunjungi situs-situs penyedia gambar gratis seperti pixabay, freepic, free image untuk mendapatkan gambar ilustrasi gratis.


9# Memeriksa Tulisan Kembali Sebelum di Terbitkan

Dalam pembuatan artikel, kesalahan dalam penulisan adalah hal yang wajar. Namun jangan sampai kesalahan tersebut berlarut-larut terjadi serta tidak diperbaiki segera. Karena, artikel dengan penulisan yang salah akan membuat kepercayaan anda terhadap pembaca menjadi menurun.

Untuk itu, penting sekali agar membaca kembali artikel sebelum di terbitkan. Apakah terdapat kalimat yang salah atau bahkan terdengar aneh. Segera perbaiki apabila anda menemukan kalimat yang salah.

Gunakan situs peyedia layanan pemeriksaan kalimat yang salah yaitu typoonline, yang dimana tidak dipungut biaya untuk setiap pemeriksaan yang anda lakukan. Paling tidak kalimat yang anda buat diperkisa oleh situs tersebut dan membantu anda dalam membuat artikel yang baik.


10# Menempatkan Sumber Refrensi Artikel Yang Anda Buat

Artikel untuk sebuah blog memang harus berkualitas supaya blog atau website tidak kena baned. Supaya Anda bisa menulis artikel berkualitas maka sering-seringlah membaca buku untuk dijadikan referensi dalam menulis.

Selain buku, Anda juga bisa membaca artikel lainnya tetapi jangan sampai memakai gaya penulisan dan gaya bahasa yang sama. Hal tersebut sama saja dengan menjiplak karya orang lain dan melanggar hak cipta.

Buku dan artikel tersebut hanya dijadikan sebagai referensi dan bila ingin menulis dengan tema yang sama Anda harus mengolah kata-katanya terlebih dahulu. Olahlah menjadi gaya penulisan Anda sendiri.

Tempatkan sumber artikel yang anda peroleh pada blog yang anda buat. Walaupun artikel yang anda buat tampak berbeda, tapi paling tidak menambah kepercayaan artikel anda terhadap pembaca dan mesin pencari google.


0 Response to "10 Cara Menulis Artikel Blog yang Baik dan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel