10 Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga

10 Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga - Menjadi ibu rumah tangga merupakan tugas paling mulia di muka bumi ini. Dimana anda sebagai seorang ibu, yang berkewajiban mengurus anak dan suami adalah sesuatu hal yang utama dalam kehidupan rumah tangga.

Tapi seiring kemajuan teknologi, dimana pekerjaan ibu rumah tangga kian lama makin mudah. Sehingga memberikan banyak waktu luang yang bisa anda dapatkan. Daripada anda menghabiskan waktu hanya untuk membuka social media, menonton TV, atau bergosip bersama tetangga, lebih baik anda mulai membangun bisnis anda sendiri dirumah.

Banyak sekali inspirasi seorang ibu rumah tangga yang katanya mampu menghasilkan uang sampai dengan jutaan rupiah. Karena, salah satu kelebihan dari menjadi seorang Ibu rumah tangga adalah memiliki waktu yang banyak untuk beraktifitas di rumah.

Baca Lagi : 10 Peluang Bisnis Jasa Terbaik Yang Tidak di kekang Oleh Waktu

Daftar Bisnis Rumahan Yang Bisa Anda Lakukan di Rumah


1# Jasa Social Media Admin

Bagi seorang ibu rumah tangga, pasti memiliki akun social media. Karena hampir 95% ibu rumah tangga moderen menggunakan ponsel untuk membuka social media. Banyak sekali peluang usaha yang bisa anda dapatkan hanya dengan online di social media selama 4 jam seharinya.

10 Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga


Salah satunya adalah, memberikan jasa social media admin untuk sebuah website atau blog professional. Seperti melakukan update berkala, posting foto berkaitan tentang website yang anda kelola, atau berinteraksi dengan dengan pengunjuung . Anda bisa menawarkan jasa anda, dalam mengelola akun media social sebuah website di forum internet marketing atau pada grup facebook.

Tawaran bayaran untuk menjadi social media admin adalah sekitar Rp 100.000,- dalam sebulan atau jangka waktu tertentu tergantung kesepakatan. Bayangkan apabila anda mendapatkan 10 pelanggan untuk mengeelola akun social media blog. Maka potensi yang anda bisa dapatkan bisa mencapai Rp 1.000.000,- sebulan hanya dengan online saja di social media.

2# Buzzer Online

Mempunyai akun instagram dengan jumlah follower yang banyak, merupakan aset yang sangat berharga. Dimana anda bisa mempromosikan suatu produk dengan natural serta mencantumkan link instagram produk tersebut.



Memang menjadi buzzer online sangat sulit, apalagi bila anda kurang begitu aktif di media social seperti instagram. Karena syarat utama untuk menjadi buzzer online, anda harus mempunyai follower paling sedikit 20 ribu. Agar mendapatkan follower banyak, anda harus membuat akun khusus instagram yang membahas tentang artis atau berita-berita viral.

Untuk penghasilan memasang iklan di postingan instagram yang menjadi akun buzzer online, bisa mendapatkan sekitar Rp 250.000, untuk satu iklan saja. Apabila setiap bulannya anda mendapatkan tawaran iklan sampai dengan 4 atau 8 iklan maka penghasilannya bisa mencapai Rp 1.000.000,-. Tergantung kesepakatan harga iklan yang anda tawarkan.


3# Youtuber Memasak

Youtube sekarang menjadi ladang pendapatan yang lumayan apabila anda menekuni di bidang ini, bahkan apabila anda bisa membuat video yang konsisten serta kualitas video yang bagus maka dalam waktu 6 bulan sudah bisa mendapatkan penghasilan.



Walaupun untuk pendapatannya cukup lambat dan membutuhkan waktu, tapi potensi yang bisa anda dapatkan dari membuat video youtube dengan tema memasak cukup potensial. Anda bisa membuat video dengan mudah setiap harinya. Karena, anda sebagai ibu rumah tangga pastinya membuat masakan untuk suami. Sayang sekali kan setiap momen anda memasak tapi tidak mencoba membuat video yang menarik.

Untuk mendapatkan pendapatan dari video yang di upload ke youtube, pertama-tama anda harus memiliki jumlah view atau penonton video anda sebanyak 10.000 orang. Kemudian, baru anda bisa memasang iklan dengan mendaftarkan akun youtube anda pada google adsense.

Baca Lagi : 10 Ide Tema Membuat Video Untuk Youtube

Dari penghasilan dari video youtube memang tergantung dari jumlah penonton video dan klik pada iklan di video anda setiap harinya. Untuk perhitungan dari 1 video dengan jumlah penonton 100 tanpa klik iklan maka akan mendapatkan penghasilan sekitar Rp 500,- sampai 1000,-, tergantung iklan yang tayang.

Jadi apabila anda mendapatkan jumlah  penonton sampai dengan 100.000 penonton dari semua video yang anda upload dalam sebulan maka estimasi penghasilan sekitar Rp 400.000,-. di tambah jumlah klik iklan dari 100.000 orang estimasi 10 % yang klik iklan sekitar 1000 kali klik dikalikan harga iklan per klik sekitar Rp 750,- maka mendapatkan Rp. 750.000,-. maka total yang anda dapatkan sekitar Rp 1.150.000,-

Perhitungan diatas hanya perhitungan kasar, karena nilai harga iklan setiap harinya selalu berubah tergantung konten video yang anda sajikan seperti apa. Untuk itu lebih baik membuat konten video sekitar 15 menit agar menghasilkan nilai iklan yang lebih baik.

4# Jual Sovenir Unik Secara Online

Jualan sovenir jangan dipandang sebelah mata, coba anda lihat situs pinterest. Anda akan melihat begitu banyak sovenir unik dan menarik. Yang tentunya bisa anda coba buat, kemudian dijual kembali dengan harga yang fantastis.

10 Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga


Apalagi pada saat sekarang, sangat mudah memasarkan suatu produk baru di masayarakat. Dengan menggunakan website marketplace atau toko online bahkan media yang paling gratis adalah social media. Anda sudah bisa jualan keseluruh Indonesia hanya dirumah saja tanpa repot.

Untuk penghasilan dari jualan sovenir ini, mungkin tergantung bahan yang digunakan. Anda bisa membuat sendiri agar lebih menghemat biaya. Tapi, apabila anda tidak mau repot mungkin anda bisa mencari sovenir tersebut di marketplace luar negeri dan dibeli dalam jumlah banyak.

Dari pendapatan laba yang diinginkan sekitar 10% atau 15 %, maka setiap sovenir apabila memiliki harga jual sekitar Rp 25.000,-  maka keuntungan bersih yang didapat dari 500 penjualan saja akan mendapatkan Rp 1.850.000,-.

5# Jualan Jus Sehat Untuk Diet Secara Online

Menjual aneka jus sehat untuk diet, memiliki potensi keuntungan tersendiri bagi ibu rumah tangga yang kerjanya hanya dirumah saja. Bermodalkan alat pembuat jus, anda bisa mencoba membuat aneka macam jus sehat seperti jus wortel, mangga, buah naga. Kemudian anda bisa menjual secara online.

10 Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga


Sajikan secara dingin dan fresh, dan dikemas semenarik mungkin agar dapat laris. Karena kunci dari penjualan jus sehat adalah bagiamana anda menyajikannya. Gunakan social media agar penjualan mudah dilakukan karena penjualan jus terbatas hanya di lingkungan sekitar rumah anda saja.

Dari pendapatan yang dihasilkan untuk bisnis jualan jus sehat diet dimana perkiraan dari penjualan seharinya 30 Gelas dengan harga Rp 10.000,- dengan keuntungan bersih diambil sebanyak 30% atau sebesar Rp 3.000,- maka akan mendapatkan keuntungan per harinya sebesar Rp 90.000,- dan sebulan bisa mencapai Rp 2.700.000,-.


6# Dropshiping Baju Dan Tas

Bisnis dropshiping memang tidak ada matinya, karena sistem ini merupakan cara tepat untuk anda para ibu rumah tangga yang ingin berjualan tanpa modal barang. Dan hanya bermodalkan sejumlah uang untuk membeli produk dan paket internet agar bisa selalu online memasarkan barang.



Perlu anda ketahui bahwa banyak sekali ibu rumah tangga sukses dari bisnis dropship, bahkan omset mereka bisa mencapai jutaan dalam sebulan. Sangat mudah menjalankan bisnis dropship, anda hanya perlu mencari agen yang bisa diajak kerja sama kemudian anda bisa memasarkan barang tersebut dengan mudah.

Tapi kami ingatkan kembali bahwa, untuk menjalankan sistem bisnis online dropship agar mematuhi peraturan yang ada. Seperti bertindak sebagai tim penjualan dan bukan mengaku pemilik barang. Kejujuran sangat penting dalam menjalankan bisnis ini.

Untuk dari segi keuntungan, apabila anda mengambil barang dropship berupa baju dan tas maka peluang yang bisa anda dapatkan dari penjualan bisa bervariasi tergantung dari harga jual barang tersebut oleh agen anda.

Contohnya adalah penjualan baju harga agen Rp 30.000,- kemudian anda menjual kembali dengan harga Rp 45.000,- maka keuntungan bersih yang anda dapatkan sekitar Rp 15.000,- dan dalam sebulan berhasil menjual sebanyak 100 barang maka akan mendapatkan Rp 1.500.000,- setiap bulannya.

7# Jualan Kue Rumahan Secara Online

Jualan kue, merupakan pilihan yang tepat bagi anda yang suka membuat beraneka ragam kue. Manfaatkan kemampuan anda untuk mendapatkan keuntungan walaupun hanya sedikit saja. Tapi cukup lumayan untuk menambah uang belanja bulanan rumah tangga anda.

10 Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga


Salah satu contoh adalah menjual sebuah donat. Anda bisa menjual secara online dengan mempromosikan di social media, apalagi bila anda dibantu oleh teman anda untuk memviralkan jajanan kue anda. Maka, bukan tidak mungkin anda akan kebanjiran order.

Untuk pendapatan, memang perlu diakui untuk membuat jajanan kue membutuhkan kesabaran dan waktu yang tepat untuk membuat kue. Paling tidak dipagi hari anda sudah membuat kue dan siang harinya anda baru bisa memasarkan. Penghasilan yang didapat dari jualan kue mungkin sangat kecil sekitar Rp 300.000 sampai dengan Rp 500.000,- dalam sebulan.

Agar bisnis penjualan kue dapat berkembang, anda bisa menitipkan kue buatan anda di penjual kue besar yang sudah memiliki pelanggan yang cukup banyak. Apabila penjualan kue buatan anda sukses terjual ditempat tersebut maka, keuntungan yang bisa anda dapatkan bisa lebih besar lagi.

8# Jasa Sewa Pakaian Pesta

Jasa sewa pakaian pesta merupakan salah satu usaha jasa yang membutuhkan modal yang cukup tinggi. Karena anda harus menyediakan beberapa gaun pesta untuk pria dan wanita bahkan anak-anak untuk anda sewakan.

10 Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga


Salah satu langkah yang tepat menjalankan bisnis ini, karena cukup menjalankannya dirumah saja. Dan anda bisa memasarkan baju-baju sewaan anda di social media, terutama pada hari sabtu dan minggu. Apalagi bila anda menambahkan studio foto mini untuk berfoto dengan menggunakan baju sewaan anda.

Untuk penghasilan dari menjalankan bisnis usaha ini adalah sekitar Rp 1.000.000,- sampai Rp 2.000.000,- tergantung seberapa banyak baju yang anda sewakan serta adanya jasa-jasa lainnya yang bisa anda tambahkan seperti jasa makeup dan jasa foto di studio mini anda.

9# Jualan Makanan Ringan

Jualan makanan ringan hampir sama dengan jualan kue yang memang memiliki keuntungan kecil, tapi bisa anda coba apabila anda mempunyai kemampuan membuat makanan ringan. Makanan ringan ini sebenarnya lebih mudah dijual, karena makanan ringan tidak mudah basi dan mampu bertahan lebih lama. Sehingga dalam proses penjualannya juga sedikit mudah, ketimbang menjual kue jajanan.

10 Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga


Mungkin anda bisa menjual keripik singkong buatan anda sendiri, atau keripik ubi yang resepnya bisa anda pelajari di youtube. Manfaatkan media-media online untuk mendapatkan ilmu baru dalam pembuatan makanan ringan buatan rumahan agar penjualan anda meningkat.

Keuntungan dari menjual makanan ringan, dimana tim kami telah mencoba menjual beberapa keripk singkong buatan sendiri untuk biaya produksi sebesar Rp 5.000,- dan mengambil untung sebesar Rp 5.000,-. Maka, apabila laris terjual sebanyak 10 bungkus per hari, dimana akan mendapatkan Rp 50.000. Dan untuk sebulan bisa mendapatkan Rp 1.500.000,-.

10# Menyewakan Kamar Kosong di Rumah Anda

Mungkin bisnis menyewakan kamar kosong di rumah anda, bisa disebut pasif income kecil-kecilan. Karena kamar kosong anda sangat berharga untuk banyak orang yang ingin berpergian. Contohnya adalah seorang seperti backpacker, dimana mereka membutuhkan tempat tidur untuk beristirahat namun dengan harga murah.

10 Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga


Apabila anda memiliki beberapa kamar kosong, mungkin anda bisa merenovasi agar lebih baik dan menarik untuk ditinggali oleh tamu pelanggan anda. Gunakan beberapa aplikasi website untuk mempromosikan kamar kosong anda.

Pendapatan yang dihasilakn dari bisnis ini cukup lumayan, apabila anda menyewakan 1 kamar anda dengan harga Rp 50.000,- semalam maka anda mendapatkan keuntungan sebesar Rp 1.500.000,-. Dan tentunya anda bisa membangun lebih banyak kamar lagi agar jumlah tamu meningkat.

Pilihan Bisnis Rumahan Dengan Modal Paling Kecil


Menjalankan bisnis rumahan tidak sepenuhnya sulit, yang penting adalah bagaimana anda bisa mengatur waktu yang baik untuk suami dan anak. Jangan korbankan waktu anda hanya untuk menjalankan bisnis saja, karena keluarga adalah hal yang utama bagi seorang ibu rumah tangga.

Untuk menjalankan bisnis rumahan dengan modal paling kecil adalah menjalankan bisnis online secara dropship, karena hampir 80 % tidak ada resiko. Yang terpenting adalah bisa selalu online kapan saja.

Kemudian adalah menawarkan jasa social admin untuk sebuah blog atau website, anda bisa menawarkan jasa anda di salah satu forum internet marketing Indonesia yaitu ads.id atau grup facebook tentang blog dan website.

Apabila anda memiliki sejumlah modal yang besar, pilihan selanjutnya adalah memiliki sebuah usaha penyewaan baju pesta yang potensi keuntungannya bisa cukup besar. Ditambah lagi cukup anda jalankan usaha ini hanya dirumah saja.

Baca Lagi : Daftar Barang Yang Tepat Untuk dijual Secara Dropship

Pada intinya adalah, bisnis apapun yang anda jalankan sebisa mungkin agar anda bisa anda online kan. Yang tujuannya agar perkembangan bisnis anda bisa meningkat. Mulai dari promosi di social media, membuat sebuah website, sampai promosi di forum-forum besar di Indonesia.

Baca Lagi : 5 Manfaat Google My Business Untuk Promosi Usaha

Demikian artikel tentang 10 bisnis rumahan untuk seorang ibu rumah tangga, semoga bermanfaat untuk anda sebagai inspirasi dan pembelajaran bisnis agar negara Indonesia lebih baik lagi. Apabila artikel ini bermanfaat silahkan untuk di share dan komentar apabila ada pertanyaam, Terima kasih.

0 Response to "10 Bisnis Rumahan Untuk Ibu Rumah Tangga"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel