10 Langkah Awal Yang Harus di Lakukan Agar Blog Dapat Menghasilkan Uang Sampingan

10 Langkah Awal Yang Harus di Lakukan Agar Blog Dapat Menghasilkan Uang Sampingan

10 Langkah Awal Yang Harus di Lakukan Agar Blog Dapat Menghasilkan Uang Sampingan - Pada artikel kami sebelumnya pernah membahas meraih mimpi membuat blog untuk pasif income. Tentu perlu kita ketahui bahwa bloger tersukses di Indonesia baru bisa merasakan pasif income ketika sudah membangun blog selama bertahun-tahun lamanya. Tidak ada dalam sejarah blogging dimana seseorang yang baru belajar blog selama 1 bulan bisa langsung sukses.

Dalam pembuatan blog yang sukses dibutuhkan kesabaran dan kerja keras apabila anda ingin membangun blog dari 0. Tapi apabila anda memiliki sejumlah modal yang besar mungkin dalam membangun blog bisa sedikit lebih mudah, dimana anda bisa membeli sejumlah artikel dan optimasi jasa seo untuk blog yang anda buat.

Namun cara instan tersebut hanya dilakukan oleh para professional blogger yang sudah mapan dan memiliki sejumlah modal kuat. Dan bagaimana nasib kita yang baru belajar dan hanya memiliki modal koneksi internet dan sebuah laptop saja bisa sukses ?, Tentu semua ada caranya asalkan anda konsisten untuk melakukannya.

Bagaimana Cara Yang Benar Dalam Membangun Blog Agar Dapat Menghasilkan Pendapatan Dengan Mudah?


Membangun sebuah blog tidak sulit, yang menyulitkan sebenarnya hanya rasa malas anda karena ingin mendapatkan hasil instan. Membangun sebuah blog yang sukses, hanya perlu konsisten saja membuat artikel yang bagus berkualitas dan bermanfaat untuk semua orang. Bukan membuat artikel yang copy paste dan merugikan pembuat konten asli.

Untuk membuat blog yang sukses, terdapat langkah-langkah awal yang jelas harus anda lakukan agar blog yang anda bangun tidak sia-sia dan dapat segera di monetisasi dalam jangka waktu 6 bulan dari awal pembuatan blog.

Dan cara yang kami rangkum untuk anda meruapakan tahapan-tahapan yang kami rumuskan sendiri didapat dari ilmu para blogger yang sudah sukses, agar membantu anda dalam membuat blog yang nantinya akan sukses menghasilkan pendapatan.

Perlu anda ingat dalam menerapkan langkah-langkah ini, anda harus lakukan dengan serius dan konsiten agar hasilnya juga sebanding dengan apa yang anda inginkan selama kurun waktu sebulan. Selain itu, modal juga diperlukan untuk membeli beberapa domain dan alat softwere SEO untuk membantu anda menemukan keyword yang tepat. Berikut 10 cara pertama yang harus dilakukan agar blog dapat menghasilkan uang sampingan.

1# Tentukan 3 sampai 5 Niche Yang Anda Suka Dan Hobi di Niche Tersebut

Apabila tujuan anda dalam membuat blog untuk memperoleh pendapatan dari iklan adsense, maka bersiaplah untuk sibuk untuk membangun sebuah blog. Karena, agar dapat memperoleh hasil pendapatan adsense yang maksimal anda harus memiliki paling sedikit 3 blog sebagai blog utama anda.


Atau paling standar adalah memiliki 5 blog utama, semakin banyak maka semakin bagus. Hal ini disebabkan adalah nilai bayaran adsense yang kini sangat kecil terutama untuk blog Indonesia. Estimasi penghasilan blog dengan visitor setiap harinya 100 orang hanya mendapatkan paling tidak Rp. 500,- sampai Rp. 2000,- per hari, dan untuk sebulan bisa hanya Rp 100.000 sampai dengan Rp 150.000,-. Bayangkan apabila anda hanya memiliki sebuah blog maka akan sangat lama sekali untuk melakukan payout.


10 Langkah Awal Yang Harus di Lakukan Agar Blog Dapat Menghasilkan Uang Sampingan


Untuk itu tentukan 3 sampai 5 niche yang memang benar-benar anda kuasai agar anda dapat membangun sebuah blog yang baik dan tidak membosankan bagi diri anda sendiri. Karena untuk terjun di adsense blog maka anda harus bekerja keras agar mendapatkan hasil maksimal.


2# Temukan Kata Kunci Utama Dari Niche Yang Anda Pilih Gunakan situs KWFinder Atau Ahrefs

Setelah memutuskan ide niche untuk blog anda, sekarang saatnya untuk menentukan kata kunci apa yang menjadi target anda agar blog anda mendapatkan visitor dalam jumlah banyak. Hal ini sering dilewatkan bagi sebagian bloger, dimana hanya fokus pada artikel dan tampilan menganggap bahwa dengan banyaknya postingan maka visitor akan datang sendiri. Dimana hal tersebut sudah tidak berlaku lagi.

Karena untuk mendapatkan visitor dalam jumlah banyak, paling tidak anda berhasil menempatkan artikel utama anda di halaman satu mesin pencari google dengan kata kunci yang anda targetkan.

Untuk mencari kata kunci anda bisa menggunakan situs gratis tapi sangat powerfull yaitu KWfinder, namun hanya bisa mencari 3 kata kunci saja. Atau anda bisa mencoba yang berbayar yaitu ahrefs dimana situs ini sangat menyediakan data kata kunci yang sangat lengkap.

Pilihlah target untuk kata kunci utama,  kata kunci turunan, dan kata kunci sugesti yang berhubungan dengan tema yang anda pilih. Contohnya :
  • Kata Kunci Utama : Memancing
  • Kata Kunci Tururunan : Teknik Memancing, Umpan Pancing , Mancing Ikan
  • Kata Kunci Sugesti : Manfaat Memancing, Lomba Mancing Jakarta, Doa Sebelum Memancing
Pilihlah kata kunci dengan pencarian banyak paling tidak diatas 800 orang, dengan tingkat persaingan rendah dan terdapat nilai CPC yang tinggi. Dengan menggunakan KWFinder anda akan dengan mudah melihat jumlah volume pencarian dan tingkat persaingan.

10 Langkah Awal Yang Harus di Lakukan Agar Blog Dapat Menghasilkan Uang Sampingan


Jangan menargetkan kata kunci yang tidak ada nilainya sama sekali karena tidak ada hasilnya walaupun berada di halaman 1 dengan mudah tapi tidak ada visitor yang mencari dengan kata kunci tersebut.

Simpan kata kunci target anda di sebuah dokumen atau anda print out daftar kata kunci yang anda targetkan, agar anda bisa membuat artikel tidak jauh dari kata kunci tersebut dan bisa fokus dengan pembuatan konten dan artikel yang berkualitas sesuai dengan kata kunci yang anda pakai.


3# Buat Blog Tanpa Harus Posting

Setelah menargetan kata kunci hal selajutnya harus anda lakukan adalah membuat blog di blogspot atau membuat blog di wordpress. Pilihan ditangan anda, tapi kami sarankan untuk membuat blog di blogspot bagi anda yang masih pemula. Karena apabila anda memilih wordpress, anda harus memikirkan hal-hal teknis yang merepotkan.

10 Langkah Awal Yang Harus di Lakukan Agar Blog Dapat Menghasilkan Uang Sampingan

Fitur di blogspot juga sudah cukup menarik dan memberikan kemudahan bagi pengguna yang ingin fokus kepada konten dan membangun banyak blog. Ketimbang memikirkan hal teknis seperti hosting, plugin, dan tampilan blog. Tapi kelebihan dari wordpress sendiri adalah mudah untuk membuat blog professional dengan bantuan plugin serta lebih ramah SEO.

Buatlah blog tanpa harus memposting apa-apa terlebih dahulu biarkan blog untuk dipasang domain yang merupakan langkah selanjutnya.

4# Siapkan Domain Dari Niche Yang Anda Pilih

Kesalahan banyak para blogger adalah tidak membeli domain terlebih dahulu, dimana membangun sebuah blog terlebih dahulu baru setelah blog sudah berjalan maka baru membeli sebuah domain. Hal ini dapat menyebabkan sulitnya artikel dapat di kenali google, karena artikel yang dibuat beralamatkan domain awal bawaan blog anda.

Apalagi bila anda sudah terlanjur membuat banyak postingan, saran kami adalah tidak usah membeli domain karena lebih baik menggunakan domain bawaan ketimbang membeli domain yang membuat posisi artikel hilang di mesin pencari google.

Gunakan domain top level agar mudah masuk di mesin pencari google, pakailah domain yang unik dan singkat dibawah 20 karakter. Perlu anda ketahui bahwa nama domain merupakan cerminan dari blog anda nantinya.Kemudian pasang segera domain anda di blog, kemudian lakukan langkah selanjutnya.

5# Posting Artikel Pertama Dengan 500 Kata Dengan Optimasi Seo On Page

Lakukan posting pertama kalinya setelah domain bisa digunakan pada blog anda, buatlah artikel terbaik dan original dengan panjang 500 kata. Dengan mengandung kata kunci yang anda targetkan di paragraf utama, dan kata kunci turunan pada subheading. Kemudian pada badan artikel mengandung paling tidak terdapat kata kunci sugesti yang anda targetkan.

Perlu anda ingat untuk optimasi singat seo on page, atau memaksimalkan artikel anda agar dapat di kenali dengan baik oleh mesin pencari. Anda harus melakukan hal berikut :
  • Judul Artikel di Bawah 40 Karakter Mengandung Kata Kunci Utama Yang Anda Targetkan
  • Paragraf Utama Mengandung Kata Kunci Utama
  • Subheading Mengandung Kata Kunci Turunan
  • Badan Artikel di Sebar Kata Kunci Utama Dan Kata Kunci Sugesti
  • URL link Mengandung Kata Kunci Utama
  • Terdapat Penjelasan di Diskripsi Penelusuran Dengan 140 karakter Mengandung Kata Kunci Utama
  • Menambahkan Gambar Dengan Atribut ALT Dengan Judul Artikel 
  • Kompres Gambar Agar Ringan di Buka Pada Blog Anda
  • Panjang Artikel Paling Sedikit 300 Kalimat Yang Bermanfaat Bagi Pengunjung
  • Bagun Internal Link Dengan Artikel Yang Relevan

6# Siapkan Tema Blog Terbaik Sederhana Namun Cepat di Akses

Setelah memposting artikel pertama anda, saatnya untuk mencari tema tampilan blog yang bagus tapi sederhana. Gunakan tema dengan navigasi yang bagus serta adanya tombol share di social media. Paling penting adalah tema yang anda pilih mobile frendly dengan kecepatan akses yang tinggi.

Perlu anda ketahui bahwa, ketika anda memilih sebuah tema pastikan untuk melihat tampilan tema tersebut di ponsel anda apakah menarik atau malah menyesatkan. Karena tampilan mobile yang bagus pada ponsel berpotensi mendatangkan visitor dalam jumlah banyak. Mengingat bahwa pengguna ponsel sekarang lebih banyak ketimbang menggunakan perangkat komputer atau laptop.

7# Daftarkan Segera Semua Blog Baru Anda di Webmaster Google

10 Langkah Awal Yang Harus di Lakukan Agar Blog Dapat Menghasilkan Uang Sampingan


Setelah semua siap, dari urusan desain tema sampai dengan artikel pertama. Hal yang anda lakukan adalah mendaftarkan semua blog anda di webmaster google. Kemudian submit artikel pertama anda pada sitemap google.

Dengan cara memilih blog, kemudian pilih menu sitemap, ketikan pada kolom atas sitemap.xml lalu submit, maka anda sudah memasukan artikel pertama anda di mesin pencari google. Tunggulah artikel anda untuk terindex pada mesin pencari, mungkin membutuhkan waktu sekitar 1 minggu. Selanjutnya apabila artikel pertama anda sudah terindex dengan sempurna maka anda bisa melakukan langkah selanjutnya.

8# Posting Sehari 3 Artikel Dengan Optimasi Seo On Page Kemudian Sumbit di Webmaster Google

Saatnya untuk fokus dalam pembuatan konten di blog anda. Ingat bahwa artikel yang anda buat harus berkualitas dan bermanfaat bagi banyak orang agar cepat terindex dengan baik oleh webmaster google. Buatlah paling tidak 3 artikel per harinya untuk blog anda lalu submit ke webmaster google.

Kami sarankan untuk lebih mengutamakan kualitas konten daripada kuantitas konten, karena semakin bagus dan bermanfaat konten yang kita miliki maka akan mudah di rangking oleh mesin pencari google. Buatlah artikel dengan panjang 500 kata sampai dengan 1500 kata. Buatlah artikel yang membuat pengunjung blog anda betah berlama-lama di blog anda.

9# Bangun  Internal Link Pada Postingan Agar Saling Terkait Dengan Topik Yang Relevan

Sebenarnya pada point ke 9 ini merupakan bagian dari Seo On Page, ketika anda sudah memasukan beberapa artikel dan menunggu di index dengan baik oleh google. Bangunlah internal link menuju artikel yang sejenis dan relevan yang tujuannya adalah agar pengunjung blog anda mudah untuk mejelajahi isi blog anda.

Pastikan paling tidak tedapat 1 link yang bisa anda tempatkan pada badan artikel pada blog anda, atau dibawah akhir artikel. Hal ini bertujuan agar pengunjung bisa langsung membuka halaman tersebut. Semakin lama pengunjung blog anda maka semakin berkualitasnya blog anda dimata mesin pencari google.

10# Buat Segera Akun Social Media dan DMCA Untuk Blog Anda

Penting sekali, diawal pembuatan blog dan artikel masih dalam jumlah sedikit anda bisa daftarkan langsung blog anda di situs DMCA agar melindungi artikel anda dari pembajakan artikel blog. Pastikan untuk mendaftarkan setiap link disemua artikel anda dengan cara mengklik url DMCA di  setiap halaman artikel blog anda.

Kami sarankan untuk secepatnya anda daftarkan blog anda di DMCA, karena untuk waktu proteksi membutuhkan waktu cukup lama sekitar 1 bulan. Lalu buatlah akun social media seperti halaman facebook, twitter dan instagram. Karena dengan adanya social media akan mempermudah anda mempromosikan artikel anda. 

Apa Yang Tidak Boleh Anda Lakukan Dalam Membangun Blog Agar Dapat Berpenghasilan ?

 

10 Langkah Awal Yang Harus di Lakukan Agar Blog Dapat Menghasilkan Uang Sampingan 
Lakukan 10 langkah yang telah kami rangkum diatas dalam waktu 1 bulan, agar jaringan blog anda berjalan dengan baik untuk menuju langkah selanjutnya yang nantinya kami posting dalam jangka waktu dekat ini.

Bangunlah blog anda dengan cara yang benar, dan hindari hal-hal berikut sebelum anda mendaftar di google webmaster yang kami bahas pada point ke 7.

1# Mengganti Tema Setelah Mendaftar Google Webmaster

Pastikan tema yang anda pilih memang benar-benar terbaik untuk blog anda, gunakan tema blog yang sederhana namun mobile friedly agar mudah di akses melalui ponsel. Jangan mengganti tema ketika anda sudah mendaftar di google webmaster karena akan membuat perayapan google bot pada situs anda menjadi terganggu.

Hematlah waktu untuk merapikan desain tema blog anda, jangan buang waktu anda hanya untuk melakukan editing desain tema blog anda. Apabila tampilan mobile sudah beres, anda bisa fokus untuk mengerjakan hal lain yaitu membuat konten berkualitas.

2# Posting Sekaligus Banyak Setelah Daftar Google Webmaster

Apabila anda sudah memiliki sejumlah artikel yang akan diposting pada blog anda, jangan memposting sekaligus banyak apabila anda sudah mendaftar di google webmaster. Karena apabila anda memposting terlalu banyak di blog anda akan memperlambat google bot untuk mengindeks artikel anda.

3# Memasang Backlink di Awal Pembuatan

Untuk pemasangan backlink, diharapkan untuk tidak memasang backlink terlebih dahulu. Karena akan membuat blog anda dicurigai oleh google merupakan blog spam. Hal ini disebabkan umur blog masih baru dan belum terkenal namun sudah memiliki backlink, sehingga terlihat aneh di mata google.

Sebelum nantinya memasang backlink berkualitas untuk blog anda, harapan kami adalah anda bisa melakukan share di social media artikel pada blog anda. Bangunlan social signal terlebih dahulu dengan baik agar blog anda menjadi terkenal di social media.

Untuk itu penting sekali membuat akun social media untuk blog anda agar setiap artikel yang anda posting dapat langsung di baca melalui akun social media yang telah anda buat.

4# Posting Artikel Copy Paste

Kami sangat melarang anda membuat konten artikel copy paste, paling tidak anda menuliskan ulang artikel tersebut dengan memberikan link aktif kepada pemilik artikel yang anda tulis ulang. Hargailah artikel setiap orang, karena pembuatan artikel tidak semudah yang anda bayangkan. 

5# Gambar Postingan Tidak di Kompres

Gambar pada postingan adalah hal yang wajib untuk membuat artikel menarik, tapi apabila anda tidak mengkompres gambar tersebut bila ukurannya besar dimana akan membuat tampilan blog menjadi berat dan sulit di akses oleh pengunjung.

6# Postingan Original Namun Hanya 200 Kata

Dalam pembuatan artikel dalam SEO 2017 dimana artikel dengan 200 kata sudah tidak berlaku lagi, bahkan tidak dianggap google. Untuk itu agar artikel anda dapat besaing di halaman pertama google, anda paling tidak harus membuat konten artikel sebanyak 700 kata sampai dengan 1000 kata.

7# Halaman Blog Belum Siap Sepenuhnya

Lengkapi keseluruhan halaman blog anda dari label, menu bar, tombol social media, dan populer post agar tidak melakukan editing kembali pada desain blog. Jangan sampai terdapat link yang rusak pada halaman blog anda.

8# Langsung Memasang Iklan Jaringan Adsense

Walaupun anda sudah diterima oleh google adsense, kami sarankan apabila anda memiliki blog yang masih baru dan belum terdapat visitor yang stabil untuk tidak memasang iklan dari google adsense. Selain akan membuat jelek di mata pengunjung, blog tersebut juga masih baru. Anda boleh memasang iklan google adsense apabila blog sudah berumur 3 bulan dan memiliki visitor dalam jumlah stabil diatas 50 orang per hari.

Demikian yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat, akhir kata adalah dalam pembuatan blog memang tidak semudah yang anda pikirkan, diperlukan waktu yang cukup lama agar blog dapat bisa menghasilkan pendapatan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda terima kasih.

0 Response to "10 Langkah Awal Yang Harus di Lakukan Agar Blog Dapat Menghasilkan Uang Sampingan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel